Mengenal Kecamatan Beo Kepulauan Talaud

Pantai bbc beo talaud
Pantai bbc beo talaud, Foto By Bios Lariwu

PUBLIKTALAUD.net – Kecamatan Beo dengan ibukota Beo adalah satu dari 19 Kecamatan yang ada di Kepulauan Talaud.

Kecamatan Beo memiliki luas 70,92 KM2 yang terbagi dalam 3 Desa dan 3 Keluarahan. Yaitu Kelurahan Beo, Beo barat, Beo Timur, dan Desa Bantik, Bantik Lama, dan Bengel.

Jumlah penduduk di Kecamatan Beo adalah 5541 jiwa dan terbagi dalam 1621 kepala keluarga, 2811 berjenis kelamin laki-laki sementara 2730 berjenis kelamin perempuan.

Dari segi pendidikan, Kecamtan Beo memiliki 3 unit Taman kanak-kanak (TK), dengan jumlah guru sebanyak 10 orang dan jumlah siswa sebanyak 117 orang, dan juga memiliki 1 unit Raudatul Athfal (RA)  dengan guru sebanyak 2 orang dan murid sebanyak 24 orang

Untuk Sekolah Dasar (SD), Kecamaatan Beo memiliki 6 unit dengan jumlah guru sebanyak 54 orang dan jumlah murid sebanyak 605 orang, dan juga 1 unit Madrasah Ibtidaiyah (MI) dengan jumlah guru 11 orang dan jumllah murid 45 orang.

BACA JUGA:  Talaud dan 10 wilayah ini berpotensi gelombang tinggi

Untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kecamatan Beo memiliki 2 unit dengan jumlah guru sebanyak 28 orang dan julah siswa 320 orang.

Sementara untuk Sekolah Menegah Atas (SMA) Kecamatan Beo memiliki 1 unir dengan jumlah guru sebanyak 46 orang dan jumlah siswa sebanyak 490 orang. Dan untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) terdapat 1 unit dengan jumlah guru sebanyak 27 orang dan jumlah murid sebanyak 90 orang

Infografis Jumlah sekolah di Kecamtan Beo

Beo menjadi pusat perekonomian dan perdagangan di bagian utara pulau karakelang, karena memiliki pelabuhan umum yang dilayani oleh pelayaran dari kota Manado dan memiliki terminal penumpang yang melayani rute menuju ke Kecamatan Beo utara, Kecamatan Essang Selatan, Kecamatan Essang, Kecamatan Gemeh, Kecamatan Tampan amma, Kecamtan Rainis, Kecamatan Beo Selatan, dan Kecamatan Melonguane

BACA JUGA:  VIDEO: Goyang Porodisa Kepulauan Talaud

Secara gografis Kecamatan Beo berbatasan sebelah utara dengan Kecamatan Beo Utara, sebelah Timur dengan Keccamatan Rainis, Sebelah selatan dengan Beo Selatan, dan sebelah barat dengan laut Sulawesi.

Luas area perkebunan di Kecamtan Beo adalah 2032,75 Hektare (Ha) yang terbagi dalam 4 jenis pertanian yaitu Kelapa 1331,29 Ha, Cengkih 236,11 Ha, Pala 456,6 Ha, Abaka 8,75 Ha.

Dengan jumlah hasil panen adalah 1016 ton untuk kelapa, 30 ton untuk cengkih, dan 153 ton untuk Pala

Untuk potensi wisata, Kecamatan Beo memiliki beberapa potensi wisata yang bisa kita kunjungi yaitu Pantai Beo Boulevard Center (BBC) yang berada tepat di pusat kota beo, dan Air Terjun Ampadoap yang terletak di wilayah Desa Bengel.

Sumber data : Kabupaten Kepulauan Talaud Dalam Angka 2021 terbitan BPS